Posted by: Heru Legowo | January 4, 2010

CANDI SAMBISARI


Candi Sambisari

Yogyakarta dan sekitarnya menyimpan begitu banyak benda peninggalan sejarah. Ini megisyaratkan bahwa sejak dari jaman dahulu kala, daerah ini menjadi pusat kekuasaan dan pusat kebudayaan. Salah satu contoh kecil adalah Candi Sambisari.

Jika anda menuju Solo dari arah Yogya, lebih kurang 1 km setelah  melewati jalan masuk ke Bandara Adisutjipto; anda akan menemui petunjuk jalan: Candi Sambisari + 3 km. Atau kira-kira 100 meter menjelang gerbang Akademi Angkatan Udara. Dari posisi itu, belok ke kiri. Terus jalan lurus saja! Candi sambisari terletak di ujung jalan ini, kira-kira 3 km dari belokan jalan.

Minggu 3 Januari 2010, penulis sengaja menyempatkan diri mengunjungi lokasi candi ini. Di pintu masuk ada loket masuk. Dewasa Rp. 2.000.- Anak-anak Rp. 1.000.- di sebelah kiri jalan masuk ada ruang informasi yang menjelaskan proses restorasi Candi Sambisari ini.

Candi Sambisari terletak + 5 meter di bawah tanah. Dilihat dari “atas” lokasi berbentuk persegi panjang. Luasnya sekitar 50X50 M2. bangunan Candi Sambisari sendiri berbentuk bujur sangkar, dengan akses dari tengah empat sisinya. Penulis masuk dari depan candi. Ada 3 buah bangunan candi kecil menjadi pintu depan dari bangunan candi utama.

Memasuki bangunan candi utama kita naik tangga. Di pintu bangunan utama candi, dijaga patung dewa penjaga pintu, yaitu Mahakala dan Nadisywara. di sebelah kanan dan kiri pintu.

Lingga Yoni di bangunan Utama candi

Di bangunan utama, ada sebuah ruangan yang tertutup berdinding batu, berukuran + 2 X 2 M2 . Dan ditengahnya ada sebuah bentuk mirip Lingga-Yoni berukuran besar. Ruangan ini tampak bersih dan terpelihara baik.

Agastya di Selatan

Kemudian penulis keluar. Di ke tiga sisi luarnya, persis di tengahnya setiap sisinya; ada patung yang terletak masuk ke dalam relung dindingnya. Di sisi selatan patung Agastya (?), di sebelah timur patung Ganesha, dan di sebelah utara patung Dewi Durga (?)bertangan empat, yang berdiri diatas seekor sapi.

Ganesha di Timur

Ketika sedang mengamati dinding ini, 2 orang gadis bule datang dan ikut mengamati bangunan candi. Mereka sempat meminta tolong penulis memotret mereka berdua, di depan patung Ganesha. Ternyata mereka dari Pensylvannia – New York, Amerika, sedang berlibur ke Indonesia.

Sejenak penulis mengamati ke sekeliling. Membayangkan beberapa ratus tahun yang lalu tempat ini pasti sebuah tempat yang banyak didatangi warga dan umat Hindu. Barangkali menjadi tempat ritual yang dijunjung tinggi.

Durga di Utara

Penulis kemudian keluar dari sisi timur, belakang candi. Naik ke atas tangga, dan mengamati lokasi candi dari ketinggian permukaan tanah. Candi Sambisari ukurannya kecil saja. Entah apa maknanya pada jaman dahulu kala.

Kemudian penulis menuju ke ruang informasi. Didindingnya tampak gambar hitam-putih dari proses restorasi, ketika candi ini ditemukan. Kemudian ada penjelasan dalam bahasa Inggris dan Indonesia tentang Candi Sambisari dan fungsinya.

Candi Sambisari ditemukan sekitar tahun 1966, ketika seorang petani Karyowinangun mencangkul sawah. Cangkulnya membentur batu-batu berukir. Termyata itu adalah puncak sebuah candi.

Candi Sambisari 5 meter dibawah tanah

Candi Sambisari berada di bawah permukaan tanah sedalam 6,5 meter. Padahal tinggi candi hanya 7,5 meter. Oleh sebab itu, jika dilihat dari samping, candi ini seakan muncul dari bawah tanah. Bagian bawah candi berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 13,65 m x 13,65 m. Sedangkan badan candi berukuran 5 m x 5 m. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke IX – X M. Candi tersebut kemudian diberi nama Candi Sambisari, sesuai nama daerah ditemukannya candi tersebut.

Letusan Gunung Merapi di tahun 1006, diperkirakan telah mengubur daerah di sekitar ini, sehingga candi dan sekitarnya tertutup oleh bahan-bahan yang berasal dari gunung berapi.

herulegowo@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: