Posted by: Heru Legowo | January 14, 2010

RHENALD KASALI School of Entrepreneur (2)


RKSE

Hari ke dua, 12 Des 2009. Pagi hari penulis bersama mas Irwan berjalan berkeliling. Ke luar jalan raya dan memutar ke kiri untuk masuk dari akses lain ke Rumah Perubahan. Walaupun terpencil, Rumah Perubahan mudah di akses dari 2 jalan masuk. Kemudian explore lingkungan. Rumah Perubahan ini terletak dibawah jaringan Listrik SUTET. Luasnya + 2,7 Hektar. Ditengahnya mengalir sungai kecil. Batas luarnya, sebuah sungai besar yang tepinya diberi beton dengan kokoh. Sungai ini tampaknya merupakan saluran pembuang ke laut Jakarta.

Jam 06.00 pagi senam di halaman depan bangsal tidur. Meregangkan tubuh di pagi hari ini terasa sangat menyegarkan. Kemudian, mandi dan sarapan pagi.

Habis senam pagi

Kembali ke main hall, materi diberikan oleh Cak Eko. Entrepreneur muda yang memenangkan The most promising entrepreneur se Asia Pasifik. Cak eko pernah menjadi staff senior dan pejabat di Jasa Marga, memiliki propsek yang baik, tetapi kemudian memutuskan untuk keluar, ketika usianya baru 30 tahun. Materi yang menarik adalah bagaimana menghilangkan mental block! Rasa tidak percaya diri, ragu-ragu dan pasrah sebelum memulai sesuatu kerja. Materi dibahas, dengan contoh-contoh video yang diambil dari You Tube dan disesuaikan dengan materinya.

Pemberi materi berikutnya adalah Pak Darwin Khalidi, beliau memberikan materi bagaimana memulai sebuah bisnis. Materi yang menurut beliau harusnya diberikan dalam 2 hari, diringkas hanya dalam 4 jam! Agak terburu-buru. Tetapi yang penting caranya dan urutannya dapat diterima dengan baik oleh peserta.

Body building

Setelah makan siang, harusnya kegiatannya outdoor, tetapi hujan deras. Maka diganti menjadi indoor, acaranya adalah management game. Newspaper Exchange dan mendirikan 20 paku diatas sebuah paku. Kerjasama tim dan kemampuan imajinasi dan inovasi diuji dalam permainan ini. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan masing-masing diberi 2 buah koran yang isi halamannya diacak. Tugasnya : mengurutkan 2 koran tsb, dengan cara mempertukarkan dengan kelompok yang lain. Siapa yang paling cepat, dialah pemenangnya.

Paku 21

Yang lebih menantang adalah ketika masing-masing kelompok diberi 21 paku panjang dan sebuah papan. Tugasnya? Menaruh 20 paku tsb diatas sebuah paku? Susah banget! Tetapi ternyata kelompok satu, dengan master mind-nya Pak Setyo Supriyadi dapat menyelesaikan dengan baik dan cepat. Caranya? Satu buah paku dipakukan ke kayu. Diatas paku tersebut ditaruh dua buah paku atas dan bawah. Dua buah paku tersebut menjepit 19 paku yang ditempatkan bersilangan. Dengan begitu 19 kepala paku menjepit paku yang diatas, karena saling kait mengait maka ke 20 paku itu sakan-akan menjadi satu. Berhasil!!! Yessss …

Ikan keciilll

Hari ketiga, 13 Des 2009. Paghi hari setelah senam dan sarapan. Mancing di kolam ikan. Mengasyikkan juga, memasang umpan, melempar kail, menunggu dan mengamati pelampung yang naik turun ketiak umpan dimakan ikan. Pak Heni Dewanto ternyata berbakat. Dua kali kailnya dimakan ikan Nila yang besar, kira-kira seukuran 2 telapak tangan. Penulis dapat 4 kali narik, hanya saja ukuran ikannya kecil-kecil. Tapi merasakan tarikan ikan pada kail itulah yang menimbulkan sensasi. Juga melatih kesabaran.

Team building

Jam 10 pagi, kami kembali masuk kelas materi berikut. Sebelum makan siang wrap up dan mengisi formulir untuk evaluasi. Kemudian ditutup dengan pemberian sertifikat.

Rumah Perubahan Rhenald Kasali memberikan pergantian suasana tersendiri. Mudah-mudahan yang sudah dipresentasikan dapat diterapkan dalam kehidupan dan dalam praktek di lapangan …..

herulegowo@yahoo.com


Responses

  1. Wah … cara penulisan yang menarik dilengkapi dengan gambar2. Semua mengalir dan mudah dibayangkan oleh yang belum atau nggak ikut dalam RKSE.
    Foto body building, bagian yg tidak terlepaskan dari kegiatan di bangsal. Ini nyata ! Dan membuat tersenyum. Apa itu juga bagian dari game? Cara untuk menghilangkan “mental block”? Haaa … haaa … haaa …

  2. Ada yang menarik dari 21 paku……..
    1. Peran Paku yang memikul beban 20 paku
    2. Peran paku panjang yang menghimpun 19 paku
    3. Peran masing-masing Kepala paku saling mengikat satu sama lain.
    Makna yang dalam…………… dahsyat…..!!!!

  3. Terima kasih pak, buat modal kami mengikuti kegiatan tersebut.

  4. Tks pembekalannya pak Heru, sehingga sedikit banyak sudah dapat gambaran kalo ksna nanti. salam hormat kami.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: