Posted by: Heru Legowo | August 20, 2010

MERDEKAAA …


Padamu Negeri ... Jiwa raga kami ...

Renungan kecil … yang barangkali lepas dari perhatian kita sehari-hari.

Apa yang dapat kita sumbangkan kepada negeri ini? Apakah kita masih memiliki sedikit rasa nasionalisme? Berjuang, berbuat dalam kapasitas dan bidang kita masing-masing, demi kepentingan bangsa dan negara, bukan hanya demi diri-sendiri ? Masihkah kita memilliki sedikit semangat untuk berbuat lebih bagi kejayaan bangsa? Mengangkat harkat dan wibawa Merah-Putih di dunia internasional?

Atau kita justru asyik dan terlibat dalam perkelahian dan perseteruan intern yang tidak kunjung selesai? Kita semua ngotot dan gagah-berani memperjuangkan kepentingan sendiri, merasa benar sendiri, tanpa peduli kepentingan orang lain?

Bangsa-bangsa lain sudah bergerak maju, memperbaiki kesejahteraannya. Mereka berjalan, saling bergandengan tangan, bahu-membahu dan berbuat nyata demi kemaslahatan bersama. Usaha yang nyata, menjadikan mereka lebih bergengsi dan bermartabat dalam pergaulan internasional.

Indonesia ... merah darahku, putih tulangku ...

Sedangkan kita? Kita lebih suka ribut dan saling menyalahkan dan merasa benar sendiri. Kita berjalan di tempat sementara bangsa lain terus bergerak maju dengan kecepatan yang semakin tinggi … dan kita akan semakin jauh ketinggalan.  Dan semakin dihinggapi penyakit inferior, rasa rendah diri dan semakin tidak memiliki bargaining position.

Apakah anda merasa kalimat itu hanya retorika semata ? Jika iya, barangkali kita perlu merenungkan lagi dan melakukan introspeksi, apa yang sudah kita lakukan dan perbuat lebih baik bagi bangsa & negara ini. Kalau terasa itu terlalu jauh, terlalu “melip” … sudah saatnya kita menengok di sekitar kita! Apa yang sudah kita perbuat sesuai kapasitas kita, untuk meringankan beban orang lain? Apa kontribusi kita dalam menyumbangkan sesuatu sekecil apapun demi lingkungan kita?

MERDEKAAA … gaungnya sudah mulai sayup ditengah gempita kepentingan sendiri. Tetapi walaupun begitu, saya percaya kita masih memiliki nurani. Yang penting kita lakukan, marilah kita berbuat dan bertindak bukan hanya ber-wacana saja.

Komit, bukan hanya bisa komat-kamit.

MERDEKAAAA ….

Jkt, 18 Ags 2010


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: