Posted by: Heru Legowo | December 2, 2011

The Spiritual Side of Golf


Saya bukan pemain GOLF. Tapi terus berusaha untuk dapat memahami filosofinya. Banyak yang berkata GOLF is Games of Love and Feeling. Seyogyanya aplikasinya berangkat dari dua kata penuh makna tersebut : LOVE & FEELING. Love pada pemahaman saya adalah sesuatu yang abstract & intangible, tetapi menyentuh langsung hati nurani. Demikian juga halnya Feeling. Feeling tidak bisa dipaksakan dan dipengaruhi orang lain. Feeling is really come out from your own deep heart. Hanya anda sendiri yang mengerti dan memahami keberadaannya. Hanya anda sendiri yang tahu dengan jujur, apakah anda melakukan sesuatu dengan atau tanpa kedua hal tersebut.

Jadi permainan yang mengandalkan Love & Feeling ini sungguh luar biasa! Seyogyanya permainan ini tidak mengenal segala sesuatu yang bertentangan dengan dua hal tersebut. Anda harus mendasarkan semuanya berdasarkan cinta dan perasaan. Ini benar-benar luar biasa. Oleh sebab itu, banyak terjadi deal-deal, pertemanan, relationship, contact businesss yang terjadi di fairway, di lapangan golf. Dari arena yang berada pada situasi Love & Feeling, pasti akan terjadi hal-hal positif yang menjadi manfaat bagi semua yang bermain; dan yang melakukannya dengan cinta dan perasaan.

Dalam hal pukulan, golf juga mencerminkan kepribadian masing-masing. Keikhlasan, ketulusan selain konsentrasi dan latihan juga ikut menentukan keberhasilan suatu pukulan. Meskipun demikian, tangan Tuhan masih juga menentukan pada permainan golf ini. Sebagai contoh : bagaimana pun hebat dan kerasnya seorang golfer berlatih, ternyata Hole in One bukan semata-mata hasil dari suatu latihan. Saya belum pernah dengar (mudah-mudahan saya salah) bahwa Tiger Woods pernah mendapatkan pukulan Hole in One. Golfer se kaliber Tiger Woods pun belum pernah memperoleh hole in one!

Secara spiritual permainan Golf bagaikan perjalanan kehidupan kita. Jika kita berbuat baik, tidak macam-macam, berlatih baik, konsentrasi, maka hasilnya akan maksimal. Target yang paling rendah adalah Par. Jika anda berlatih terus dan konsentrasi penuh, maka anda akan mendapkan Birdie atau bahkan Eagle. Tetapi jika anda kurang latihan, tidak konsentrasi, atau anda seorang pemain pro (protokoler = yang hanya bermain karena menemani boss anda), maka pukulan anda akan OB, bola golf anda akan masuk ke bunker atau ke kolam penghalang yang ada di fairway di depan mata kita. Dalam kehidupan sehari-hari kurang lebih juga begitu. Anda banyak memukul tetapi hasilnya sedikit! Introspeksilah.

Pada sisi yang lain, Hole ini One juga ibarat perjalanan hidup seseorang. Dari tee-off (awal kelahiran), sampai dengan hole (liang lahat); hanya berlangsung dalam sekali pukulan. Tanpa ada masalah yang berarti. Sekali pukul dan anda mendapatkan hadiah yang luar biasa! Jika Allah Swt merestui, walaupun anda tidak jago-jago amat, maka hanya dalam sekali pukul bola anda akan masuk ke lubang! Dan anda akan mendapat hadiah yang jumlahnya atau bentuknya mengagetkan! Itu adalah hadiah dari sebuah keberuntungan. Itu adalah hadiah langsung dari Allah Swt, bukan semata-mata karena pukulan anda!!!

Jadi bersyukurlah anda yang bermain dengan cinta dan perasaan. Semoga Allah SWT merestui dan meridhai anda semuanya. Amin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: