Posted by: Heru Legowo | August 8, 2014

Kinahrejo – Merapi


Adella di KinahrejoKaliurang menjadi salah satu lokasi rekreasi di Yogyakarta. Letaknya berada di kaki Gunung Merapi. Itulah yang menjadikan Kaliurang lokasi ideal awal pendakian ke puncak Merapi, dari sisi arah Selatan. Jalur lain dari arah utara adalah melalui Selo. Sebelum Merapi meletus dahulu saya sempat mendaki ke puncak Merapi dari arah Selo.

Banyak tempat rekreasi di Kaliurang, kami memilih melihat puncak Merapi dari Gardu Pandang. Sayang ketika kami tiba disana, puncak Merapi terhalang awan yang cukup tebal. Padahal saya yakin jika cuaca bagus dan tidak ada awan, puncak Merapi pasti sangat indah dilihat dari sini.

Disisi kiri kami ada bukit Turgo yang cukup meruncing tinggi. Konon di puncaknya ada Makam keramat Qubro dan banyak orang yang berziarah kesana. Sambil melepas lelah kami minum wedang ronde lesehan. Lalu ibu penjualnya menawarkan apakah kami mau ikut adventur Lava Merapi, naik jip? Dengan jip off-road dapat melihat bekas Lava letusan Merapi. Sewanya Rp. 300 ribu untuk 2 jam. Kami pun setuju. Kapan lagi kan?

ADVENTURE LAVA

Sebentar kemudian Pak Ponijo dan temannya menjemput kami di Gardu Pandang. Mobil Jip terbuka pun meluncur menuruni Kaliurang menuju ke lokasi dampak letusan yang paling parah di Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan Sleman. Setelah meninggalkan jalan aspal, mobil jip melalui jalan berbatu dan kasar. Jalan yang barangkali dulunya adalah jalan desa. Kanan kiri jalan rata dengan tanah, sebelum letusan pasti banyak rumah dikiri kanan jalan ini. Ada camping ground Keledempe, barangkali ini lokasi baru.

Batu Alien

Kami melewati lokasi peternakan ayam dan sapi. Sekelilingnya hutan perdu, tidak ada rumah penduduk. Mobil Jip berguncang-guncang, tetapi driver kami Udin anak Pak Ponijo yang menggantikan bapaknya, tampak mahir dan sudah terbiasa mengendalikan Jip di lokasi off-road semacam ini.

BATU ALIEN

Udin membawa kami berhenti di Batu Alien. Disini menjadi pemberhentian pertama jip dan landrover adventure Lava. Ada puluhan mobil off-road yang berhenti dan parkir sementara disini. Penumpangnya sibuk memperhatikan sisa-sisa letusan Merapi.

Mengapa dinamakan Batu Alien? Orang Jawa ternyata kreatif juga. Driver kami menjelaskan mengapa dinamakan Batu Alien, dia mengajak saya menjauh dari batu sekitar 50 meter dan menjelaskan. Dari sisi batu itu memang tampak seperti Alien, yang sering kita lihat dalam visualisasi Alien. Matanya yang cekung dan bentuk mulutnya yang cembung membentuk gambaran Alien. Ada-ada saja. Tapi kreatif juga. Itu membuat pengunjung penasaran, pasti ada yang mengasosiasikan barangkali Alien ikut berperan juga dalam letusan Merapi.

Kinahrejo & Merapi

Di dekat Batu Alien ada sungai yang curam dan dalam tetapi kering dan dipenuhi pasir. Di hulunya Merapi berdiri tegak. Sayang puncaknya diselimuti awan, seandainya tidak ada awan itu, pemandangan disini pasti dramatis. Sungai ini, kalau tidak salah namanya Kaliadem menjadi semacam selokan besar yang menampung lahar Merapi dan mengalirkannya kebawah.

Batu Alien Kinahrejo CangkringanSaya pernah mendengar cerita dari salah satu korban, awan panas itu begitu tinggi suhunya. Pohon-pohon bambu menimbulkan suara gemeretak pecah dan rebah, sebelum awan panas itu sampai di tempat tumbuhnya. Jadi dalam radius ratusan meter, hawa awan panas itu sudah sampai, sebelum benar-benar tiba dilokasi bencana.Luarbiasa!Sayamemandang ke ujung sungai, Merapi tegak diujungnya. Dari posisi saya berdiri, Kaliadem menjadi semacam “jalan” menuju ke Merapi atau dari Merapi ke dataran dibawahnya.

RUMAH SISA HARTAKU

Kamimelewati Museum Sisa Hartaku, di desa Petung. Desa ini sekarang rata dengan tanah, padahal dulunya puluhan atau ratusan rumah berada disini. Ada sebuah rumah yang terkena awan panas letusan Merapi, sengaja dibiarkan seperti apa adanya. Rumah itu menjadi saksi Merapi, dan dilengkapi dengan beberapa bukti-bukti keganasan Merapi. Ada semacam aura negatif yang menyelimuti.

HL Pesan MerapiDi sisi kanan luar dibuat prasasti yang ditulis dalam bahasa Jawa. Kalimatnya seakan Merapi sendiri yang berkata : “Aku ora ngalahan tur yo ora pengen ngalahke. Nanging mesti tekan janjine. Mung nyuwun pangapuro nek ono seng ketabrak, keseret, kenter, kebanjiran lan klelep. Mergo ngalang-ngalangi dalan sing bakal tak lewati” MMSH. Kira-kira artinya : “Aku tidak suka mengalah, tetapi juga tidak ingin mengalahkan. Tetapi pasti sampai janjinya. Hanya minta maaf, jika ada yang tertabrak, terseret, hanyut, kebanjiran dan tenggelam. Sebab menghalangi jalan yang akan aku lewati”.

Dua kerangka sapi di pajang disisi kiri rumah. Konon pada waktu itu ada 4.000 sapi yang mati hangus dan terbakar karena awan panas dan lahar Merapi. Untunglah pemerintah pada waktu itu, mengganti seekor sapi sebesar Rp. 10 juta. Rumah itu masih kelihatan cukup utuh, hanya perabotannya yang hangus dan benda-benda didalamnya diatur agar pengunjung mudah melihatnya. Ada satu kotak benda pusaka, berupa keris, patung kuningan dan ada juga senjata semacam cakra. Di dindingnya tertulis : “Dilarang memotret benda pusaka!” Beberapa sepeda motor tinggal kerangka, melihat bentuknya saya membayangkan betapa tingginya suhu panas yang membakarnya.

KaliurangKami kembali ke Gardu Pandang Merapi. Sayang Merapi terus bersembunyi dibalik awan, barangkali malu atau tidak mau dimintai konfirmasi letusannya yang mengerikan itu. Merapi tidak pernah ingkar janji. Setelah musibah yang disebarkannya, setelah ini tanah akan menjadi lebih subur dan menumbuhkan tanaman yang menghasilkan hasil bumi yang melimpah.

Semoga …


Responses

  1. Bawakaraeng indah juga Pak…start dari kota malino..salam

    • Sabtu depan kita naik Bawakaraeng … Siap nggak? yuk …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: