DALLAS FORT WORTH

Tanggal 22 November 2009, Jam 12 waktu Vancouver, jam 14.00 waktu Dallas. Boeing B757 American Airlines mendarat mulus di Fort Worth Dallas International Airport. Bandara tersibuk ke tiga di dunia. Menlayani 60 juta penumpang per tahun dengan 6 terminal penumpang.

Benar seperti Chris bilang, pesawat AA282 Boeing B757 parkir di Terminal D, gate D30. Penulis keluar bandara sebagai penumpang domestic. Tidak ada pemeriksaan imigrasi lagi. Karena proses Imigrasi sudah dilakukan di Vancouver. Keluar dari gate, masuk ke terminal yang sepertinya masih baru. Bingung sejenak mau kemana? Terus tanya, petugas di desk American Airlines, dimana gate untuk ke Dulles Washington? Ibu-ibu setengah baya menjawab : Go straight ahead, at gate 34, going up !

Beberapa meter jalan dan ketemu Gate 34. Sign nya jelas tulisan putih dengan latar belakang biru. Ada escalator ke atas, terus naik. Diatas ternyata semacam stasiun light train Skylight. Kereta yang menghubungkan antar terminal, setiap 2 menit sekali. Ada 6 terminal di DFW. Yang mana ini? Ternyata Skylight berputar-putar terus mengelilingi semua terminal. Ya sudah naik saja, nanti juga sampai. Kereta berjalan serba otomatis, tidak ada supirnya. Dari terminal D ke E dulu. DFW begitu luas. Ada 2 buah Tower. Nggak tau yang mana, yang masih aktif dipakai. Dari balik kaca Skylight, kelihatan pesawat take off hampir setiap menit.

Akhirnya sampai di Terminal C, Gate 21. Turun. Cari di sebelah mana Gate C21 yah? Ikuti rambu, belok kiri, dan … setelah beberapa ratus meter keliatan Gate 21. Di depannya ada kantin McDonald. Makan dulu ah, tadi pagi belum sempat sarapan. Di pesawat hanya minum segelas kopi. Disajikan pramugari American Airlines yang sudah tua-tua, umurnya 50an kali. Tapi masih tetap gesit, friendly dan professional. Masih mending liat pramugari Lion Air heheh … Dan, akhirnya kesampaian juga makan burger asli Amerika dan di Amerika lagi hihihi …

Pesawat masih baru akan boarding jam 16.50, jadi cukup waktu. Maunya jalan, tapi cek dulu deh ke petugas bener nggak disini. Ternyata benar, mereka bilang : please wait, flight AA2230 after this boarding. Ok deh menunggu.

Duduk di depan gate 21 : di dinding ada iklan dengan gambar pemain golf ternama Tiger Woods tulisannya berbunyi : The road to high performance, isn’t always paved. Jalan menuju kinerja puncak, tidak selalu rata. Iya juga sih!

Memperhatikan situasi di terminal C, sebenarnya Cengkareng dan Ngurah Rai tidak kalah. Toliletnya malah kita juga bisa lebih baik. Di Bandar dengan jumalh penumpang yang sangat besar, mereka ingin serban praktis dan cepat. WCnya juga ada beberapa yang (maaf) toiletnya tidak di flush. Atau karena macet! Berarti ada juga kan yang macet di Amerika? Hahaha … membela diri neh?

Sebenarnya, barangkali memang perilaku penumpang juga ikut mempengaruhi airport service.  Di masyarakat yang sudah public-minded seperti Amerika semua sadar bahwa ada orang lain yang akan menggunakan fasilitas umum yang kitabgunakan.

Dan jam 17.00 pesawat boarding. American Airlnes AA2230 Boeing B737 seri 800, tujuan Dulles International Airport Washington. Cuaca cerah, jaket terpaksa dilepas.

Penulis duduk di seat 12 C di gang. Penumpang penuh. Situasi Amerika terasa. Mereka orang-orang yang straight forward, langsung, tanpa basa-basi, dan praktis. Terasa beda dengan Vancouver, yang masih santun dan agak tertutup. Pilotnya mengumumkan dengan suara friendly kita akan terbang ke Dulles Washington.

Gile neh … ternyata ke Amerika beneran ya? …

herulegowo@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: